Apa arti beriman?

Aug 07
2012

Acuan: Roma 10:17; Yakobus 2:17, 19; Matius 22:37

Beriman kepada Tuhan Yesus memang menjadi satu-satunya syarat menerima hidup kekal. Tetapi beriman seperti apa yang membuat kita bisa menerima keselamatan? Iblis juga percaya bahwa Yesus itu Tuhan dan Juruselamat, tetapi ia tidak pernah menerima keselamatan.

Iman yang menyelamatkan meliputi tiga hal yaitu pemahaman berdasarkan informasi yang benar, pengakuan, dan keputusan pribadi.

Kita harus memperoleh dan memahami informasi tentang Yesus, yaitu Pribadi, ajaran, dan karya-Nya sebelum mengambil keputusan untuk memercayai-Nya. Informasi tersebut bersumber pada Alkitab yang dibaca atau didengar. Misalnya kita memahami bahwa Yesus adalah Juruselamat satu-satunya. Jika informasi yang didapat salah, maka imannya juga pasti salah.

Kemudian mengakui bahwa informasi yang kita pahami tersebut benar adanya. Kita mengakui bahwa hanya Yesuslah yang bisa menyelamatkan kita. Ada orang yang berhenti pada informasi, misalnya karena harus mengikuti ujian agama Kristen. Ia bisa mendapat nilai 100, tetapi kalau tidak mengakuinya sebagai kebenaran maka ia belum beriman secara benar.

Setelah memahami dan mengakui kebenaran informasi yang kita peroleh tentang Tuhan Yesus, maka kita harus mengambil keputusan secara pribadi untuk menyerahkan diri kita kepada Tuhan Yesus dan bergantung sepenuhnya kepada anugerah Allah. Kita secara pribadi mengakui dan menerima Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan kita. Kita memperoleh informasi bahwa suatu jembatan mampu menahan beban kita dan kita memercayai kebenarannya. Tetapi kepercayaan itu belum utuh jika kita tidak mengambil keputusan untuk melewatinya sendiri.

Jadi iman yang benar bukan percaya membabi buta yang hanya mengikuti emosi saja. Ia melibatkan akal budi, kehendak, dan perasaan. Iman itu berpusat kepada Yesus Kristus yang diakui sebagai utusan Allah, Tuhan sendiri, dan satu-satunya yang bisa menyelamatkan.

  • Share/Bookmark

One Response to “Apa arti beriman?”

  1. Robet says:

    Artikel yang baik!

    Salah satu penjahat yang disalibkan di sebelah Yesus mengakui dirinya orang berdosa yang pantas dihukum, mempercayai Yesus adalah Mesias /Juruselamat, dan berseru minta tolong kepada-Nya.

    Itulah iman yang menyelamatkan … Sederhana, tidak njelimet (Lukas 23:41-43; Roma 10:13).

Leave a Reply